IM2 News

06/09/2012

IM2 Fokus di Bisnis Penyediaan Konten, VAS dan Layanan TI

Jakarta, 8 Agustus 2012 – PT Indosat Mega Media (IM2), selaku penyedia layanan internet dan multimedia terkemuka, mengadakan acara halal bi halal bersama media berkenaan dengan Ramadhan dan Idul Fitri 1433 H, sekaligus perkenalan Direktur Utama IM2 yang baru yaitu Bpk. Ridwan F Karsa. Pada acara yang dihadiri oleh jajaran manajemen puncak IM2 tersebut, IM2 juga memaparkan arah bisnis IM2 ke depan sejalan dengan perubahan pasar di Industri Telekomunikasi, pertumbuhan smartphone yang mendorong pertumbuhan yang besar akan kebutuhan data, dan trend kebutuhan masyarakat akan layanan konten/ VAS dan IT services.,
Ridwan F Karsa yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Transformation Officer IM2 dan Group Head Business Development di PT Indosat Tbk, dipercaya sebagai Direktur Utama IM2 sejak 04 Mei 2012, menggantikan Indar Atmanto yang kini menjabat sebagai Chief Corporate Services Officer PT Indosat Tbk.
Di bawah kepemimpinan Ridwan F Karsa, IM2 akan disiapkan untuk menghadapi tantangan baru seiring dengan perubahan arah visi bisnis perusahaan, untuk menjadi pilihan utama pelanggan dalam mendukung gaya hidup dijital.

Untuk mewujudkan visi bisnis tersebut maka IM2 akan tetap memberikan layanan akses internet (ISP), seperti layanan Broadband UKM dan layanan WIFI, namun kedepannya akan lebih berfokus pada bisnis penyediaan konten, Value Added Service (VAS) dan layanan IT. Arah baru bisnis IM2 ini diharapkan dapat menjadi lokomotif pertumbuhan baru bagi IM2, setelah layanan mobile broadband 3.5G yang telah di-inkubasi dengan baik oleh IM2 dikonsolidasikan kembali ke Indosat diawal tahun 2012 ini.
Mengenai arah bisnis baru IM2 ini Dirut IM2 Ridwan F Karsa mengatakan,”IM2 dipersiapkan sebagai innovation hub yaitu pusat inovasi dan kreasi dari teknologi masa depan untuk Indosat Group. Artinya IM2 diposisikan lebih luas lagi bukan hanya bergerak di industri telko tetapi juga berkreasi sebagai penyedia konten, VAS dan layanan TI. IM2 meyakini bahwa kedepannya yang memegang peranan penting adalah konten dari internet itu sendiri, termasuk di dalamnya e-commerce. IM2 menyebut bisnis barunya dengan nama bisnis Over The Top (OTT).”

“Prospek bisnisnya di level nasional tentunya masih terbuka lebar karena pemahaman lokal dan pengalaman IM2 dalam pelayanan segment retail maupun korporasi, tentunya menjadi kesenjangan yang tidak dimiliki oleh perusahaan sejenis dari luar,” tambah Ridwan.
Di akhir Juni lalu, IM2 meluncurkan Toko Online di freemium.tokoon.com. Para merchant Toko Online dapat menikmati berbagai fasilitas gratis seperti kapasitas 1GB, template toko dengan nama subdomain dapat ditentukan sendiri, dan pelatihan di kantor IM2. Dengan hanya 4 langkah siapapun sekarang bisa memiliki toko online sendiri di Internet. Sesuai dengan karakterisitik ini, maka saat ini Tokoon gencar melakukan pendekatan ke para UKM di beberapa kota di Indonesia. 
Salah satu pembeda Tokoon.com dibanding dengan penyedia e-commerce lainnya adalah proses pendampingan yang dilakukan Tokoon.com. Sesuai konsep bahwa Tokoon.com diperuntukkan untuk UKM, yang umumnya masih sangat terbatas paparannya terhadap teknologi internet – mulai dari membuka akun, mengupload foto sampai dengan transaksi – harus betul-betul diberikan pendampingan secara mendalam.
Untuk meningkatkan penjualan, toko freemium tersebut diintegrasikan juga dengan e-marketplace Tokoon.com, dimana IM2 akan melakukan teknik-teknik digital marketing. Selain membangun kompetensi di bidang e-commerce, IM2 sekaligus membangun kompetensi baru di bidang digital marketing melalui Tokoon.com ini. Pada e-marketplace Tokoon.com, disediakan juga fasilitas transaksi atau pembayaran yang memberikan keamanan dan kenyamanan baik kepada merchant maupun pembeli. Pengiriman barang juga telah dikerjasamakan dengan jasa pengiriman barang JNE.

Untuk memperkuat bisnis Indosat ke depan, Tokoon.com juga merupakan salah satu layanan yang ditawarkan dalam paket SME Indosat. Selain itu, pembayaran Tokoon.com juga akan diitegrasikan dengan layanan Dompetku dari Indosat, sehingga diharapkan bisa membantu peningkatan jumlah transaksi Dompetku. Dalam upaya IM2 menuju bisnis Media, Tokoon adalah langkah awal untuk pengumpulan konten lokal yang nantinya akan diperkuat oleh layanan IM2 berikutnya yaitu Blog Aggregator, Online Forum, dan Online Advertising Network.
“Seiring peningkatan merchant dan trafik, IM2 akan terus melahirkan aplikasi-aplikasi untuk mengoptimalkan pelayanan di Tokoon.com. Salah satunya adalah aplikasi yang akan kami tanam di akun facebook tokoon.com yang memungkinkan pelanggan berbelanja tanpa perlu keluar dari facebook,” jelas General Manager Adjacent Business Development IM2, Thalhah Fakhrizal.

 

« back

Top Shortcut

Contact Us

Consumer/SME:
0800-1-900-800 (Toll Free)
021-7854-6900

Email: e-care at indosatm2[dot]com

Enterprise:
021-7854-6800
Email: e-cscorp at indosatm2[dot]com

Contact Form:
Send us your Feedback

Contact Us

Indosat Internet 3G:
021-3044-6900

IM2 Broom on Facebook