Press Release

26/01/2010

IM2 Lestarikan Hutan Mangrove di Pulau Rambut dan Pesisir Jakarta

PT Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa internet dan multimedia terkemuka di Indonesia, melanjutkan komitmen perusahaan untuk melestarikan lingkungan melalui program “Let’s Go Green”. Kali ini, IM2 melakukan penanaman Pohon Bakau di Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu, Jakarta. Penanaman pohon secara simbolik dilakukan oleh Andri Aslan selaku Head of Corporate Secretary IM2. Penanaman pohon juga disaksikan oleh Bapak Santoso selaku Direktur Operasi Green Radio.

“IM2 berkomitmen untuk turut menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui program berkelanjutan IM2 Let’s Go Green. Program tanam Pohon Bakau bermanfaat guna menangani abrasi di pesisir kota Jakarta yang kian memprihatinkan. IM2 mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup kita lebih baik lagi,” ujar Andri Aslan, Corporate Secretary IM2.

Sebanyak 1.500 Pohon Bakau ditanam di wilayah Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu. Hutan Mangrove sebagai penahan intrusi air laut ke daratan, dan pencegah abrasi, juga dijadikan tempat bersarang dan singgah ratusan jenis burung endemik dan migrasi serta beberapa fauna lainnya. Apabila Hutan Mangrove hilang maka keberadaan fauna tersebut juga akan menjadi terancam.

Penanaman Pohon Bakau ini terwujud berkat sumbangan pelanggan yang telah bersedia mengkonversikan tagihan konvensional yang menggunakan kertas menjadi tagihan elektronik. Dengan layanan e-billing, pelanggan telah menyumbang Rp 500/tagihan dan lebih jauh lagi menyelamatkan lingkungan hidup melalui pengurangan penggunaan kertas (less paper). Minimalisasi penggunaan kertas secara tidak langsung berdampak terhadap pengurangan penebangan hutan sehingga kelestarian lingkungan hidup lebih terjaga.

IM2 mulai menerapkan layanan e-billing kepada pelanggan internet broadband dan dial-up sejak bulan Juli 2008. Kini, layanan ini telah digunakan oleh hampir 100 % pelanggan IM2. Sampai dengan akhir Desember 2009, IM2 telah memiliki 600 ribu pelanggan khusus untuk Broadband 3G.

Selain memberikan dampak yang baik bagi lingkungan, layanan e-billing juga memberikan manfaat lain seperti pengiriman tagihan yang lebih aman karena hanya si pemilik e-mail yang bisa mengakses serta nyaman karena bisa dibuka dimana saja dan kapan saja, juga lebih hemat karena tidak memerlukan biaya pengiriman.

Sumbangan pelanggan yang diperoleh melalui e-billing dikemas oleh IM2 melalui program bertajuk “Let’s Go Green”. IM2 berupaya untuk aktif melakukan kontribusi positif dalam memperbaiki lingkungan hidup di Indonesia dan dunia. Realisasinya bervariasi, pada tahun 2009 lalu, IM2 Let’s Go Green telah melakukan penanaman 2.000 pohon di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Kegiatan lainnya adalah bekerjasama dengan British Council menyelenggarakan School Climate Challenge dimana siswa-siswa SMP diundang untuk membuat proposal dan proyek yang bertujuan menyelamatkan lingkungan terkait dengan pemanasan global. ”Upaya perbaikan lingkungan yang berkelanjutan ini dimungkinkan berkat para pelanggan yang telah bersedia memanfaatkan layanan e-billing IM2. Suatu langkah kecil yang berdampak besar bagi penyelamatan lingkungan,” ujar Andri.

Dalam penanaman pohon Mangrove ini, IM2 bekerjasama dengan Green Radio dan pengelola Suaka Margasatwa Pulau Rambut. Pohon-pohon Bakau yang ditanam berusia sekitar 3 bulan dengan spesies Rhizopora sp. Pemilihan spesies Rhizopora sp karena Pohon Bakau tersebut spesifik berada di Pulau Rambut dan menjadi lokasi favorit bagi banyak satwa untuk bertempat tinggal dan berlindung.

 

« back

Top Shortcut

Contact Us

Office:
021-7854-6969

Business Solution:
021-7854-6800
0800-1-900-800 (Toll Free)
Email:
e-cscorp at indosatm2[dot]com

Consumer Solution:
021-7854-6900
Email:
e-care at indosatm2[dot]com

Contact Form:
Send us your Feedback

Contact Us

IM2 Broom on Facebook